Tuesday, 23 August 2016

Visit Bantul: Berburu Suvenir Pernikahan



Jika mengejar sunrise sudah terlalu jamak, ada alasan anti mainstream kenapa Anda harus mengunjungi Bantul. Mencari souvenir untuk pernikahan!

Sebagai momen once in a lifetime, setiap detil pernikahan semestinya sudah kita persiapkan jauh-jauh hari. Termasuk keperluan souvenir yang sebetulnya tampak sederhana, tetapi kalau tidak dipersiapkan, bisa menimbulkan permasalahan juga.

Bantul, tak berlebihan jika ia memiliki slogan Projotamansari yang “Pro” nya merupakan kependekan dari Produktif Profesional. Tidak sulit kita temukan pasar seni dan kerajinan di Bantul. Salah satu yang paling terkenal adalah Kasongan yang terletak di pedukuhan Kajen, desa Bangunjiwo, kecamatan Kasihan, sekitar 6 km dari alun-alun lor Yogya ke arah selatan dan sekitar 3 km lapangan Paseban Bantul ke arah utara(agar lebih akurat, tanya saja google map). Banyak pemburu suvenir pernikahan yang menemukan pencariannya di Kasongan. Selain galeri dan pabrikan barang seni, Kasongan adalah rumah bagi banyak toko online yang sering kita jumpai di google seperti bintoro craft, dani craft, souvenir murah kasongan, lakeisha-souvenir, omah souvenir, kedai souvenir, dll.

Salah satu suvenir pernikahan kami, celengan
Harga souvenir di tempat ini sangat bersahabat seperti semua harga barang-barang di DIY yang kedap inflasi. Murah meriah. Kita bisa pusing memilih berbagai bentuk gerabah, undangan, kalender, kipas, gantungan kunci, peralatan dapur, cermin, pensil, dsb dengan harga mulai seribu rupiah saja.

Jadi, tunggu apalagi? Kapan berburu souvenir ke Bantul?

Author’s Note:

*Jika tak cukup sehari menentukan pilihan souvenir, Anda bisa menginap di beberapa guesthouse yang ada di Kasongan. Ada juga hotel praktik milik siswa-siswa SMK pariwisata Sewon tepat di jantung Kasongan yang harganya ekonomis. Berjalan-jalan saat subuh buta di Kasongan bagi saya cukup memacu adrenalin. Seolah-olah semar dan patung-patung pewayangan itu hidup dan menatap kita lekat-lekat di antara kabut yang entah datang darimana.

*Cara terbaik menjelajahi Kasongan adalah dengan menyewa motor, agar mudah berpindah dari satu galeri ke galeri yang lain.  

No comments:

Post a comment