Sunday, 9 February 2014

Tempat Penyewaan Motor di Bali, Jogja, dan Lombok

Saya bukan jualan ya, tidak juga promosi ataupun dibayar pemilik rental motor tersebut. Saya hanya ingin berbagi informasi tentang tempat-tempat yang paling recommended untuk menyewa motor ketika traveling di Indonesia.

***

Kenapa motor? Beberapa daerah tidak menyediakan transportasi umum yang memadai. Sebut saja Bali. Angkutan antar tempat wisata sangat jarang. Sependek pengetahuan saya, pilihan angkutan umum di Bali hanya ada Bus Trans Sarbagita, angkot kecil di terminal Ubung yang entah rute aslinya kemana, dan taksi. Kelemahan Bus Sarbagita adalah, rutenya tidak mampu menjangkau tempat-tempat terpencil yang justru sangat menarik untuk kita explore. Angkot di Bali pun datang tak dijemput, pulang tak diantar. Angkot di sana sistemnya charter, bisa mahal kalau solo traveling. Taksi? Ah sudahlah. Yang terbaru sih, di sebagian kota-kota besar di Indonesia sudah punya armada ojek online yang harganya relatif terjangkau untuk backpacker kelas premium (hihi), tapi kalau untuk budget backpacker sih, mikir-mikir juga. Tercatat di 2017 ada Jabodetabek, Surabaya, Bali, Yogya, Bandung, Semarang, Medan, Malang, Makassar, Palembang, dan Balikpapan yang sudah memiliki ojek online di jalanannya.
I own this beach!
@ sungkun beach, Ekas, East Lombok

Alasan lain dalam memilih motor sih karena ia lebih murah dan fleksibel. Ia bisa menerobos jalan-jalan kecil di Poppies Lane Kuta, ataupun jalanan rusak di Jerowaru, Lombok Timur. Ia bisa juga menembus kemacetan Malioboro atau by pass Ngurah Rai saat sore hari. Harga rental motor rata-rata sama, berkisar antara Rp40.000 s/d Rp60.000 per motor (matic biasanya lebih mahal). Harga ini berlaku sekitar 2011-2014. Terakhir kali saya rental motor Februari 2017, harganya Rp 70.000 untuk motor matic H*nda.

Bagi saya, ‘naik motor’ begitu esensial dalam setiap kesempatan traveling saya. Sebab, dengan motor, saya tidak perlu terhalang apapun untuk bisa merasakan a hundred percent experience. Rasanya puas sekali ketika saya merasakan angin, hujan, dan panas setiap jalanan yang saya lalui di tempat-tempat indah itu. Saya bisa menyapa penduduk lokal langsung ketika berpapasan di jalanan, teriak-teriak kegirangan ketika melihat pantai di balik bukit-bukit kapur Gunungkidul, atau berhenti tiba-tiba di pinggir jalan untuk merasakan nasi bungkus lauk ayam ekstra pedas empat ribuan di Pasar Sakre, Lombok. Kurang lengkap rasanya traveling tanpa naik motor.

***
Bali

Bali adalah gudang rental motor. Di Indonesia, barangkali, provinsi inilah yang pertama kali memperkenalkan konsep sewa motor untuk para pelancong. Tiap jengkal penginapan di Poppies Lane menawarkan sewa motor. Datangi salah satu, dengan modal KTP, uang Rp 50.000 (2017 kira-kira Rp 70.000), dan kesediaan mengisi formulir, sebuah motor lengkap dengan dua helm siap menemanimu ke pantai-pantai tersembunyi di pesisir selatan atau jalanan di sepanjang tepian Danau Batur yang uadem!

With my backpacking partner in college, miss them so much.
@ Pura Luhur Uluwatu Parking area
Apakah hanya ada di Poppies Lane? Tidak, sejak keluar airport pun, hotel Harris yang terlihat dari pintu bandara sudah menyewakan motor. Di sepanjang jalan bertebaran tulisan sewa motor dimana-mana. Demikian juga dengan Ubud dan titik-titik keramaian lainnya. Saya pernah sekali sewa motor 3 hari di Mekar Jaya Inn, Poppies Lane II dan 4 hari sewa di dekat Holiday Inn pantai Jerman. Semuanya memuaskan. Go Explore 100% Bali with your motorcycle!

Jogja

Angkutan umum di kota ini cukup banyak. Tapi, jika Anda ingin menjelajah langsung ke gang-gang para produsen Bakpia di kampung Pathuk, Pantai Wediombo yang sepelemparan batu dengan Wonogiri, atau ke Punthuk Setumbu (Alam Jiwo Resort) untuk melihat sunrise di balik Candi Borobudur, atau mengejar sunset di Candi Ijo akan sulit jika mengandalkan angkutan umum.
Meet locals and greet them with "kulo nuwun..."
@ way to Pok Tunggal Beach

Rental motor cukup banyak di kota ini. Silakan googling atau cari di Twitter pasti akan ketemu banyak. Bahkan ada sebuah rental, “resmilerental motor Jogja”, yang motornya bisa diantar jemput gratis selama Anda ada di dalam kawasan ring road, misalnya Stasiun Lempuyangan, Bandara Adisucipto, atau terminal Giwangan. Syaratnya KTP dan kartu identitas lain (NPWP misalnya), Rp 70.000 untuk motor matic, dan mengisi formulir isian sewa. Musim penghujan? Tenang, rental motor ini menyediakan jas hujan (dan 2 helm) sebagai fasilitas tambahannya. Sekedar tips, jangan segan meminjam gembok ekstra kalau Anda berminat menjelajah tempat-tempat paling pelosok di Jogja.

Selain resmile, ada banyak kok rental motor di kota ini. Pastikan Anda memesan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

Mulai bosan dengan Vredeburg yang terlalu ramai? It’s time to wander!

Lombok

Ini pulau yang sangat ramah dengan Cidomo sebagai moda transportasi utamanya. Ci=Cikar, Do=Dokar, Mo=Mobil/Motor. Menyenangkan melihat kuda-kuda coklat berbaur dengan kuda besi antri di perempatan menunggu lampu merah. Angkutan umum tersedia dari Terminal Mandalika di Sweta yang siap mengantar Anda ke kota-kota kecamatan. Bis Damri Bandara pun tersedia dengan jadwal tiap 30 menit mengantar Anda dari Bandara Internasional Lombok, Praya ke Mataram atau Pantai Senggigi. 

Namun untuk menjangkau Pantai Pink di ujung tenggara Pulau Lombok pasti tak bisa dengan angkutan umum. Pun dengan air terjunnya yang terletak nun jauh dari jalan raya provinsi di kaki Gunung Rinjani. Pantai-pantai sepi di pesisir selatan bahkan banyak yang hanya bisa dijangkau dengan motor karena jalannya yang kecil dan rusak.

Heaven is never easy to get.
3 hours away w/ motorcycle from Mataram
@ way to Planet Beach, Jerowaru
Senggigi dan Mataram adalah lokasi yang memungkinkan untuk menemukan tempat penyewaan motor di Lombok. Saat saya kesana Desember 2013 lalu, beberapa lokasi yang infonya saya dapatkan dari internet sudah full booked. Memang sulit katanya menyewa motor saat peak season holiday. Akhirnya, saya menyewa motor milik penduduk lokal (Pak Mamat, 087865708000) di daerah Taliwang (belakang masjid Taliwang). Kabarnya di daerah ini memang banyak penduduk lokal yang mau menyewakan motornya dengan Rp 50.000 per hari dan KTP yang ditinggal.

Tempat lainnya yang bisa jadi alternatif persewaan motor:
  • Oka Home Stay di Jalan Repatmaja, Cakranegara (kalau tidak salah dekat kantor pos dan pasar burung). CP: (0370) 622406 dan 081916003637
  • Hotel Internasional, Jalan Gelatik, Cakranegara. Letaknya di samping belakang Hotel Lombok Plaza. CP: (0370) 631195
  •  Rental Motor Lombok, CP: 08175722343
  • Surya Rent Car, Letaknya di KM 9 Senggigi. CP: 087865848111 / 08123727633 (Surya)
Are you ready to find your private beach? Bring your tripod, because you are really alone there. Dare to try? 


Lampung

Sekitar tahun 2014, saat berkunjung ke Bandar Lampung via Bandara Radin Inten, saya iseng googling mencari rental motor di sana. Ternyata, tidak ada :( . Tak menyerah sampai di internet saja, saya bertanya-tanya ke penduduk lokal dan disarankan menyewa ke pangkalan ojek saja. Yippie, akhirnya dapat dengan harga sewa Rp 50.000 per hari. Jadilah saya ngelayap di Lampung.
landmark lampung, sepakbola gajah, eh gajah main sepakbola
Pesan moral dari cerita Lampung ini adalah, jangan berputus asa mencari sewa motor kalau seumpama mengunjungi kota yang tak terlalu beken / terkenal wisatanya. Coba dulu tanya-tanya ke warga sekitar. Bisa jadi ada tukang ojek yang mau disewa motornya. 


19 comments:

  1. permisi gan,...
    saya adalah salah satu anggota backpacker regional bali yg masih aktif.
    saya tinggal di bali dan ada usaha rental motor yang biasanya di pakai oleh teman2 backpacker or traveller yg jalan-jalan ke bali..
    sementara saya masih ada beberapa armada dan masih bisa di hitung dengan jari.
    diantara revo, scoopy, vario, techno, mio j, mio gt, fino, Xride, gt 125, dan beberapa suzuki next.
    semua harga motor sama flat 50rb / day /24 jam.

    kami berikan fasilitas antar jemput motor di bandara , hotel, dll asal masih terjangkau
    helm SNI 2 bua, jas hujan.

    TRus kalau mau sewa syaratnya apa..???
    jawab: jangan kuatir gan sewa di tempat saya ga pake syarat, ga pake di tahan KTP dll...
    armadaku sudah di jaga sama TUHAN kok. hehehehe... ( alias kepercayaan )

    bagi kawan2 yg minat bisa hub :
    BAYU
    087860985449 / 7FA55EFE

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nice Info Nih... #catet

      Btw, kalau diantar ke Ubung bisa ngga Mas?

      Delete
    2. Bisa sewa sehari dianter ke penginapan nggak ? Daerah jimbaran

      Delete
    3. langsung ke nomernya itu aja mbak. Kalau via komen begini ya dia nggak akan dapat notifikasi...

      Delete
  2. SEMANGAT PAGI LOMBOK,
    GAN, MAU NAMBAHIN, WAKTU TOUR KELOMBOK ADA RENTAL MOTOR DI LOMBOK YANG LEBIH MANTAP, TELPON LANGSUNG DIANTAR. NAMANNYA ..YES TRANSPORT RENTAL MOTOR.HP. 0818633086 / 081338368368. ORANGNYA JUGA ENAK . TRUS KALO MAU JEMPUTAN BANDARA JUGA MANTAP, DIANTAR MAKAN PULA ANE.. PAS WAKTU ITU LG PROMO.. KITA DIBAYARIN MAKAN... MAKANYA KOK ANEH... LIBURAN YG MENYENANGKAN. SELAMAT BERLIBUR

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, info mantap nih... #catet juga#

      Delete
    2. nomornya sudah gak aktif, saya bingung nyari rental motor yg bisa anter ke homestay saya di wilayah senggigi ntar untuk tanggal 8 ini. siapatau mas nya ada kenalan lain yg bisa menolong saya:")

      Delete
    3. waduh maaf mas, sudah lama sekali ngga buka blog. Di lombok memang agak jarang. Jadi ini dulu di daerah Cakranegara. ke warga lokal lagi dulu pinjemnya...

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. numpang share gan ... semoga bisa bermanfaat
    ANDIES Rental Motor Jogja
    Murah FREE Delivery
    http://rentalmotorjogjakarta.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya mas? kok tak cari di web sampean ndak ketemu...

      Delete
    2. rental motor di jogja solusi transportasi saat di jogja Rogo Rental Motor http://rentmotorjogja.blogspot.com

      Delete
  5. Thx For U Brother, I LOove U Full ^_^. Dont Forget Me And Follow Me In Here
    harga viagra
    viagra asli
    beli viagra

    ReplyDelete
  6. Numpang share ya boss, moga bermanfaat..

    rentcar-dibali.blogspot.com
    rajapulsaku.com
    permatapulsaku.com
    caripulsa.com
    pabrikpulsa.com
    jagosipulsa.com
    si-rajapulsa.blogspot.com
    si-jagopulsa.blogspot.com
    reloadpadi.blogspot.com
    rajawali-reload.net
    rr--pulsa.blogspot.com
    herbaltanamanobat.com

    ReplyDelete
  7. Sekarang di lombok udah lumayan banyak yg sewa, terakhir 2017 waktu ke senggigi sewa motor di Mas Boy kontaknya 081291559818
    Lumayan 70rb an motor beat

    ReplyDelete
  8. Penelusuran yang terkait dengan sewa motor jogja
    sewa motor jogja dekat stasiun tugu
    frent jogja kota yogyakarta, daerah istimewa yogyakarta
    rental motor jogja buka 24 jam
    rental motor jogja kota yogyakarta, daerah istimewa yogyakarta
    rental motor jogja
    rental motor jogja kota yogyakarta, daerah istimewa yogyakarta, indonesia
    sewa motor jogja malioboro
    mandiri motor - rental motor jogja kota yogyakarta, daerah istimewa yogyakarta

    ReplyDelete