Friday, 11 January 2013

Kereta Api, Saat Ini

Saya rasa tiada yang protes kalau saya katakan bahwa kereta api adalah moda transportasi paling aman dan nyaman. Kereta bersaing ketat dengan Pesawat terbang, tetapi kereta dikenal lebih murah. Namun, belakangan ini makin banyak maskapai baru yang muncul dan membuat persaingan harga (promo dan program lain) menjadi persaingan sempurna dan membuat harga pesawat lebih terjangkau.

Apalagi, yang mengejutkan, harga kereta api (terakhir kali saya ke stasiun KA Desember 2012) sekarang relative mahal. Bahkan untuk kereta eksekutif dan bisnis harganya punya batas bawah dan atas. Maksudnya, harganya tidak fixed, tetapi tergantung permintaan dan penawaran.

Khusus untuk kereta ekonomi, tidak berlaku batas atas dan bawah, tetapi harganya sebagian besar naik. (lihat gambar). Beberapa saja yang masih harga tetap seperti kereta-jarak-jauh-termurah-favorit-saya, Gaya Baru Malam Selatan.
captured Des 2012 from Mojokerto Railway Station

Tiket ekonomi favorit saya kita

Aturan Baru
Mungkin tidak terlalu baru, tapi di gambar tersebut diberitahukan bahwa:
1.       Tiket hanya berlaku pada nomor kereta api, tanggal keberangkatan, kelas, dan relasi perjalanan untuk penumpang dengan nama sebagaimana tercantum dalam tiket dibuktikan dengan identitas yang sah. (so, jangan lupa bawa KTP ya kalau masuk stasiun, biar nggak ricuh)
2.       Pembatalan tiket dipotong 25% di luar biaya pemesanan. Pemohon pembatalan wajib menunjukkan dan memberikan fotokopi KTP sesuai dengan nama yang tercantum pada tiket.

Cara Mendapat Tiket:
1.       Dapat melalui situs online www.tiketkai.com atau melalui web resmi PT KAI.
2.       Melalui rekanan PT KAI di Indomaret, Pos Indonesia, FastPay, Citos, dan Alfamart.
3.       Datang langsung ke stasiun dengan batas H-60 hari keberangkatan.



No comments:

Post a comment