Friday, 15 July 2011

Rangking 3

Langsung aje gw tulis, daripada gw kebawa mimpi gak bisa tidur ntar malem…

Kemaren, malem-malem habis mentoring, (untung masih melek, setelah seharian penuh dari pagi mbolang ke blok m), ada sms dari si dp. Dia ngajakin kami ikutan kuis “Ranking 1” yang biasanya tayang saat jam sekolah di trans tv. Tumben… pikir gw. Biasanya ikutan kuis kayak gini daftarnya kan lama banget, kok ini tiba-tiba diajakin langsung besok paginya berangkat. Okelah, meski tanpa persiapan, itung-itung pengalaman.

What? Tanpa persiapan? Gila aja, gw gak mau merusak nama buruk almamater gw dengan menjadi peserta pertama yang keluar di pertanyaan pertama ya… Akhirnya, berbekal dengan sekali dua kali nonton kuis tersebut, gw berusaha mengingat-ingat soal-soal macam apa yang biasanya recurring (berulang; udah-kayak-usm-stan-aja!). Ya, gw tau! Soal-soal RPUL (rangkuman pengetahuan umum lengkap, banget) lah yang paling sering muncul. The bad one is, I don’t have that book again. Parahnya, gw gak begitu yakin juga dengan otak dan kemampuan gw yang telah terdegradasi akhir-akhir ini.

Ok, mari kita mengetes sedikit, (kebetulan di dinding kamar gw ada whiteboard yang bergambar peta Indonesia), apa ibukota Sulbar? Mamuju! Yes, gw rasa, gw bener. Sejak tragedy adam air 5 tahun silam yang hilang di perairan mamuju, kota ini jadi terkenal. Ibukota Maluku Utara? Err, ambon yak? Eh, itu mah Maluku (doang, gak pake utara!). Ternate? Tidore? Halmahera? Dili? Adeuh, itu mah Krisdayanti. Setting: gw mulai panic sambil ketuk whiteboard. Masa soal segampang ini gw kaga bisa… Belum kalau soal2 tempat wisata, bandara internasional, tokoh2 nasional, gw mana tau??? Udah lupa geng!

Sebelum gw mulai menyalahkan memori ikan koi otak gw, guru IPS gw, temen-temen SMA gw, dan temen-temen kuliah gw, mulailah gw cari alternative untuk memecahkan masalah ini. Rak buku gw obrak-abrik. Isinya cuma buku kuliah, MSS smart accounting, novel, buku motivasi, dan fotokopian immsi. What a perfect?! (#%^*!$^?>.<)

Hirup nafas… Hembuskan… (waktu: pukul 22.30)

Di tengah kehampaan ini, gw melirik seonggok benda putih yang nempel di laptop gw. Modem!!!

MODEM!!! *Gw ulang lagi biar efeknya lebih dramatis.

Iya, modem! Padahal dari tadi gw nge-chat di YM ama FB tapi kok nggak sadar2 ya? Fiuh, oke deh. Better late than never.

Sip, dengan membabi buta gw nyari info-info ibukota provinsi di Indonesia, mata uang dunia, bendera negara2, ibukota negara2, bandara Internasional di Indonesia dan dunia, dsb. Jadi berasa muda lagi deh belajar kayak ginian. At least, gw nostalgia masa-masa menjelang USM STAN dulu yang doyan banget ngumpulin Koran dan nyatet semua informasi penting yang sekiranya muncul satu atau dua nomer di soal USM.

Di tengah2 asik berseluncur itulah, temen gw malah ngajak chat nanya-nanya mulu. Udah mata agak sepet sepagian gak berenti muter2 basement blok M, materi masih banyak, eh nanya mulu. Gw jawab lah dengan ketus. “nanya mulu eh?!!!!” (hehe, untuk ybs, sori2, kemaren gw lagi kalap).

Pagi harinya jam 10, gw berangkat dan memakai dresscode merah yang gw pinjem dari temen sekosan.

Jeng-jeng, jam 14 (selalu telatnya nggak itungan..) baru dimulai kuisnya. Pesertanya ada 4 golongan. Yang pertama, Alumni SMA 13 Jakarta Utara, Himpunan Mahasiswa Japanologi UI, Klub Hangout, dan STAN.

Bener aja, soal pertamanya tentang geografi. Fiuh, untung…  

1>> Apa nama pulau yang terletak di tengah danau toba?
**** 18 STAN’s army utuh.. Rontok beberapa dari tim lain yang ngejawab pulau Seribu, pulau Jawa, pulau Tidung (#lhoh?)

2>> Siapa pengetik naskah proklamasi?
**** Sayuti Melik lah… lagi-lagi STAN’s army utuh. Kami mulai berbangga diri. Yaiyalah, kami satu-satunya yang masih lengkap. #sombongdetected-awas-kualat

3>> Tebak kotak?
 **** utuh lagi. Kami mulai berspekulasi bahwa lawan terberat kami adalah teman-teman STAN sendiri. Huahahah. #sombongdetectedpart2-kiamat-sudah-dekat

4>> Tebak  Gambar?
**** lagi-lagi gak ada yang tersisih. Fiuh, mulai melakukan *evilsmirk ke peserta tim lain. #sombongdetectedpart3-kiamat-makin-dekat

5>> praktikum. (gw pikir, ini nih yang bakal merontokkan anak2 STAN yang gak pernah pegang alat2 pratik)
**** eh, masih utuh… Sampai malem nih, anak STAN gak bakal habis. #sombongdetectedpart4-kiamat-di-depan-mata

6>>  praktikum 2. Duh pak guru tarno dan professor Sogi ini, ngegemesin beud deh… (lama baget ngucap mantranya!). tangan udah pegel2 ngangkat papan malah si Ruben ama Sarah godain Lilis aja. Siapa Lilis? Kenapa nanya gw? (nah, kan elo yang nulis? Kasih tau dong geng!) Entahlah, mungkin penunggu studio itu, jangan tanya padaku!
**** sambil lirik2 belakang-belakang, gw seneng karena lagi2 jawaban mahasiswa STAN sama semua. Ini bakal jadi episode yang berat bagi rangking 1 (gw rasa). Tiba-tiba, yak, dibantu yak… Bim salabim jadi apa prok3. Hasyemmmmmmmmmmmmm! Dengan satu tiupan lembut-tapi-menusuk-hati Prof Sogi, tumpahan air menggenangi hati gw, temen-temen gw, dan menguburnya dalem2 ke relung hati yang paling dasar (#apasih?). Intinya (gw malu cerita panjang lebar), semua mahasiswa STAN, sekolah yang disebut2 Helmy Yahya sebagai “The Indonesian Harvard” harus gugur bebarengan. Kompak bener!!! Tapi eits, tunggu dulu, ada sesosok gadis manis-bertudung hitam-bandana merah masih tertinggal. Dialah “IZATI CHOIRINA a.k.a IJONK SPA 913”. Dialah, the one who dare to be extraordinary, the one who has brave heart to think out of the box. And, she’s just amazing. Duta STAN di acara ini dah. Menyaksikan kami tertunduk lesu meninggalkan medan perang bebarengan, benar-benar menyakitkan.

Tinggallah ijonk melawan 5 anak UI. Whaaaa, aku padamu ijonk!

#1. Ngitung. Jika dua kilo mangga adalah Rp25.000,00 berapa 5 kg nya?
**** yaampun, anak UI ada yang salah (ups, personal attack, sori :P)

#2. Apa satuan Internasional untuk tegangan listrik?
**** STAN (represented by Ijonk) left, 2 UI down. Phew...

#3. Apa alat pengukur tekanan darah?
**** STAN and UI left. Alhamdulillah...

#4. Apa nama dewa pendidikan dalam mitos dewa2 hindu budha?
**** jeng-jeng, Ijonk nggak jawab Ganesha. >.<. 2 UI left and goes to final round.
meski kalah, teteup, foto-foto.
(Ki-Ka) Gw, Ijonk, Dp, Ocol, Fika, Amri, Iko, Lapet

Yah, ranking 3 adalah prestasi tertinggi kami… Sedih, marah, kecewa, gundah, galau, tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. :P (sebetulnya, sih biasa aja… emang gw belum pernah sekalipun hoki di kuis2an kayak gini, nggak tahu kalau yang lain).

Pesan moralnya:
1.       Kalah kuis, bisa bikin kadar ke-lebay-an lo meningkat drastis. Selain siap menang, lo juga kudu siap kalah dengan sedia tali raffia, surat wasiat, dan pisau sesampainya di kosan. (lhoh?)
2.       Ekspektasi berlebihan bakal membuatmu kecewa berat kalau kalah. Pikir positif ajalah. Tanamkan mindset kalo mau ikut kuis ke tv, pikirkan bahwa lo hanya mau ngincer nasi kotaknya doang. Jadi, gak bakal nyesek deh kalo kayak gini.
3.       Iza is awesome. Ehehe. Ranking 3 euy.
4.       Rajin pangkal kaya, sombong pangkal kualat.
5.       Waspadalah dengan soal-soal praktikum, waspadai pak guru Tarno dan Prof Sogi.
6.       Bikin strategi dong kalo main… Jangan asal main sendiri2. Toh ntar juga dipake bareng2. LLL
7.       Kalo STAN adalah “harvardnya Indonesia”, maka UI adalah MIT nya.

Yee, sudah ya… Sori kalau banyak kata yang kurang berkenan, gw mau nyuci baju pinjaman yang gw pake tadi..

Segala kesempurnaan hanya milik Allah, segala khilaf ada pada diri manusia (saya). Jazakallah.        
.

16 comments:

  1. ada beberapa pernyataan dan pertanyaan yang ingin saya utarakan...
    1. ibu kota maluku utara = sofifi
    2. Kenapa foto sata diberi nama Lapeet?
    3. Ya, orang yg nanya mulu itu pasti saya..
    sorry kalu itu mengganggumu
    4. Menurut ane itu orang yg beruntun yg jadi kaya dan saya adalah orang yg optimis
    5. Blog mu berat kali, buat nulis comment aja susah ni

    ReplyDelete
  2. 1. Iya.. Itu pas gw nanya wikipedia. udah ganti kali sekarang.. apa langkat?
    2. Apa dong? Lapeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet. (e nya minta dibanyakin ya?)
    3. Kan gw udah minta maaf. Haha, baguslah kalo elo yang minta maaf juga, geng. (ahaha, gw kan gak medok, jadi pantes dikit lah ngomong lu gw)
    4. YaAllah, banyak amat nanyanya... kayak sms aja ngirit karakter. Maksudnya poin ini nanya apa pamer sur eh pet?
    5. tergantung amalan.

    ReplyDelete
  3. Ah, aku malu. #blusshing

    Ganesha. Ganesha. Ganesha. Ganesha. Ganesha.
    #mybad (-____-")a

    ReplyDelete
  4. based on your YM status i make some rebuttal:

    -ganesha itu dewa, bukan k*mpre*t. :P
    -ganesha ada di mana-mana lho... ITB, Bimbel ganesha operation, ITS, seragam osis, kemendiknas, giring ganesha, ganesha arif rahman... (menambah derita #my bad) :P

    ReplyDelete
  5. haaaa... Galau!
    senang kamu, ndo. senang kamu. haha...
    Iya. Padahal aku pernah ngejek-ejek itu patung lantaran ber'celana' kembang-kembang.
    Cek saja!

    ReplyDelete
  6. Iko via akunnya jonki: Loooo pikiiirrrr kita bakal dapet 50 jeti terus kita mandi uang di metromini??

    ReplyDelete
  7. iko said (nebeng akun si jonki): loooo pikiiiirrrr kita bakal dapet duitt 50 jeti teruuss kita mandi uang di metromini? XD

    ReplyDelete
  8. maksudnya apa sih, geng? gw kaga ngerti dah...

    ReplyDelete
  9. tauk tuh si iko. Itu sebelah beneran ketemu ahsan yak kemaren...
    :(

    ReplyDelete
  10. Summon @Iko Mustiko (asumsi ini fesbuk)

    Iya.. :) sebetulnya kemarin satu rombongan atlet ganda putra pelatnas+ pak christian hadinata lagi joging di pantai. karena si ahsan keluar dari rombongan, jadi kami berani tangkap dan ajak poto2 gini. :)

    ReplyDelete
  11. de' sando kayaknya 'perlu' direkomendasikan buku ini.

    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10150314010999923&set=a.10150314010899923.392093.31334154922&type=1&theater

    ReplyDelete
  12. jangan panggil aku "adek" deh kak... -.-" (itu membuatku semakin manja dan tak pernah sadar bahwa sudah saatnya saya bersikap dewasa->menikah->punya anak->jadi bapak)

    ReplyDelete
  13. hueeeee..... cah cuilik iki badhe nikah buru2 toh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah hampir dua tahun dan ternyata Iko duluan yang mau punya anak. :) time flies..

      Delete
  14. yaaa kalau sudah ada yang mau... :)

    ReplyDelete