Sunday, 5 May 2013

Bali Travel Guidance: Pantai Suluban

Suluban bawah
pantai tersembuyi di balik karang2
What:

Pantai ini dikenal luas oleh para pecinta selancar, terutama dari mancanegara. Dikenal juga dengan  nama pantai Bluepoint karena terdapat resor Bluepoint di sana. Suluban (menurut sepengetahuan saya) setidaknya memiliki dua jalan masuk yang sensasi pemandangannya berbeda. Pantai Suluban bawah yang memiliki pasir, dan Suluban atas (milik Bluepoint) yang isinya kafe-kafe  di atas tebing dengan 90% isinya turis asing. Bahkan masing-masing kafe dinamakan “kafe Japan”, “kafe Australia”, “kafe Jerman”, dsb sesuai asal negara masing-masing. Unfortunately, "kafe Indonesia" isn't available.



para peselancar,
mau cari ombak

cafe di atas tebing

surfers nekat

Samudera Hindia dari Bluepoint.
Fotogenic spot

Pantai Suluban tidak cocok bagi Anda yang berekspektasi mendapati pantai berpasir yang luas sebab, karang-karang tajam dan ombak besar mengepung secuil pasir putih yang rasanya akan tenggelam kalau air laut pasang. Terdapat jembatan beton yang menghubungkan antar karang. Rasakan sensasi cipratan ombak di atas jembatan.

Bluepoint, Blue everywhere!
Salah satu yang terbaik di Suluban adalah pemandangan laut dari atas tebing. Nat Geo, CNT, dan majalah-majalah traveling internasional lain sering menampilkan gambar birunya air laut, payung kafe di atas karang, dan para surfer nekat yang terombang-ambing  ganasnya ombak Samudra Hindia. Cadas!
Where:

Pantai ini terletak di Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan sekitar 20 km dari Bandara Ngurah Rai. 1 km dari Pura Luhur Uluwatu.

How to get there:

Sebelum membayar tiket masuk pura luhur, ambil jalan menanjak ke kanan. Sekitar 400m ada pertigaan ambil arah kiri yang akan menuju Pantai Suluban. Sesampai tempat parkir, turuni anak tangga sekitar 100 m. Capek sih, tapi mendadak malu kalau melihat turis cewek yang dengan semangatnya turun sambil membawa papan selancar yang gede.

Kalau ke Bluepoint, dari pertigaan tadi ambil kanan. Sekitar 500 meter ada pertigaan, ambil kea rah kiri ke resor Bluepoint. Jalan kaki saja ke pinggir-pinggir tebing. Bagi yang punya budget berlebih, boleh lah pesan makan sambil menikmati birunya pantai.

How much:

Tidak ada tiket masuk, hanya parkir motor IDR 2.000 di Pantai Suluban, IDR 5.000 untuk mobil. Di Bluepoint, parkir motor IDR 3.000.

Notice:

 2 alasan kenapa
saya tidak menganjurkan
berenang di sini
~pakai sunblock, topi, dan kacamata hitam adalah ide bagus. Seringkali, Bali selatan terlalu panas bagi turis domestic. FYI, badan kami belang semua dengan pola bentuk baju.

~bawa celana pendek selama di Suluban, frekuensi cipratan airnya besar.

~tidak dianjurkan untuk renang di Suluban. Ganasnya ombak dan tajamnya karang adalah kombinasi “pembunuh” yang indah.







you might also like:

No comments:

Post a comment