Monday 29 October 2012

KOJIB? Jantan atau Betina?



Sedari dulu saya pikir maskot DJP itu namanya si Domar lho...

Nggak tahunya KOJIB (kontribusi wajib). Bentuknya lebah kuning, dengan abdomen berwarna selang-seling hitam. Semua versi memakai sarung tangan putih dan sepatu kets biru tua dan sol putih yang sporty (tapi kegedean). Pake T-shirt tapi gak pake celana. -.-"

Secara ilmiah, Si Kojib ini menyalahi beberapa aturan anatomis dari seekor lebah itu sendiri. Lebah punya 3 pasang kaki tapi KOJIB cuma punya 2 pasang. Segmen abdomennya juga tidak sampai enam. Mulut Si Kojib mirip mulut manusia, seharusnya punya proboscis (belalai sebagai penghisap cairan seperti air, nektar, dan madu). another mistake in this honey bee anatomy can be found easily, but, lets ignore about it.

Banyak juga kita jumpai Si KOJIB dengan membawa atribut/ benda-benda di tangannya yang mencerminkan program apa yang sedang dikampanyekan Si Kojib ini. Misal, SPN, SPT Tahunan, dll.

Selain tampilan fisiknya, saya kurang paham dengan filosofinya. Jadi, saya kutipkan saja dari situs yang membahas Si KOJIB ini. (http://www.behance.net/gallery/Maskot-Direktorat-Jenderal-Pajak-%28Si-Kojib%29/3563291)
Selain logo yang sudah dimiliki Direktorat Jenderal Pajak, institusi ini memutuskan untuk membuat sebuah maskot yang diberi nama KOJIB, maskot ini awalnya digunakan untuk mendukung program kampanye SUNSET POLICY pada tahun 2008, dan karena pertimbangan tertentu akhirnya penggunaan maskot KOJIB ini diteruskan untuk berbagai program kampanye atau dimasukan dalam berbagai bentuk media komunikasi ke publik atau masyarakat umum.

Nama KOJIB sendiri adalah singkatan dari KONTRIBUSI WAJIB yang memang perwakilan dari pajak itu sendiri. jadi pajak adalah kontribusi yang wajib dibayarkan oleh kita untuk negara.

Kesuksesan program sunset policy 2008 dan diteruskan dengan program sejenis pada tahun 2009 semakin membuat maskot ini dikenal masyarakat Indonesia, dan akhirnya dibuatlah berbagai macam gaya dan bentuk sebagai pengembangan dari maskot awal ini.
Di luar keterbatasan-keterbatasan di atas, saya salut dengan maskot satu ini. Ia tidak lantas kalah pamor dengan maskot lain yang lebih senior dan komersil milik dua waralaba terkenal negeri ini. Si Kojib sangat fotogenik dan eye catching kalau dilihat-lihat. Terlihat humble juga dengan senyumnya yang simetris sehingga saya yakin, akan ada lebih sedikit anak yang menangis ketimbang minta foto kalau ketemu si Kojib.

Yang belum saya yakini, Si Kojib ini gendernya apa?

Balinese Kojib

Banjar's Kojib

Dayaknese Kojib

Betawi Kojib

Javanese Kojib

Maduranese Kojib

Makasar Kojib

Maluku's Kojib

Manado's Kojib

NTT's Kojib

Minangkabau Kojib









Bagimu Negeri's Kojib

9 comments:

  1. Kayaknya cowok, soalnya dia pake blankon. Kalo cewek berarti pake sanggul.

    ReplyDelete
  2. kayaknya kojib yang papua itu cewek, pake rok tu...

    ReplyDelete
  3. well, tiap orang punya pandangan sendiri2 tentang gender kojib. baiklah, mari kita simpulkan bahwa gender kojib itu adalah misteri yang tak untuk dipecahkan. sekian.

    ReplyDelete
  4. disini (aceh selatan) kojib berubah jadi naga min :ngakak

    ReplyDelete
  5. Wahh belum seru tanpa testimoni dari seseorang yang pernah menjelma jadi Kojib!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa Mbak? sampean tah? lek sampean Kojib nya cewek dong ya...

      Delete
    2. Sejauh yg telah saya ketehui seseorang yang pernah menjelma jadi Kojib itu, Mas Jontul dan Achmad Ade. Dapat disimpulkan, kojib itu cowok ! Setuju ????

      Delete
  6. klo cewek, kasih aja bulu mata lentik

    ReplyDelete